Minggu, 24 Februari 2008

Seni dalam berkomunikasi

THE ART OF COMMUNICATION

Komunikasi merupakan jembatan untuk membangun suatu hubungan. Sulit membayangkan apa yang terjadi di dunia ini jika tidak ada komunikasi. Kemampuan berkomunikasi identik dengan keberhasilan dalam karir, keluarga dan hubungan sosial. Seorang komunikator yang handal memiliki peluang untuk meraih sukses yang seluas-luasnya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan supaya kita dapat mengembangkan seni berkomunikasi :

1. MENYIMAK DENGAN SEKSAMA

Dalam kaligrafi Tiongkok, kata komunikasi diartikan sebagai seni mendengar, kita menjadi lebih bijaksana bukan berbicara, tetapi ketika mendengarkan. Inti komunikasi sebenarnya bukanlah seberapa fasih kita berbicara, namun seberapa jauh kita dapat mendengarkan dan menyimak pesan komunikasi orang lain.

2. MEMAHAMI MAKNA SEBUAH PESAN

Sebuah lagu dari Ronan Keating berjudul When You Say Nothing At All memiliki lirik yang bagus. Menurut lagu ini, bahkan tanpa kata-kata sekalipun dan sebuah pesan mampu menyampaikan suatu makna. Kata-kata verbal mungkin dapat memiliki banyak arti terselubung, namun sebuah ekspresi sulit untuk menyimpan rahasia.

3. MENGENAL GAYA KOMUNIKASI

Kesalahpahaman sering terjadi karena gaya komunikasi yang berbeda. Gaya komunikasi pria berbeda dengan wanita. Bahkan latar belakang budaya, keluarga pendidikan juga mempengaruhi gaya komunikasi. Kemampuan mengenali gaya komunikasi membuat kita mampu menjadi seorang komunikator yang handal.

4. MEMILIH SAAT YANG TEPAT

Kata bijak mengatakan bahwa perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya bagai apel emas di pinggan perak. Bijaksana dalam berkata-kata pada momen yang tepat merupakan kunci sukses untuk berkomunikasi. Jangan terburu-buru dalam mengatakan maksud anda. Pikirkan baik-baik, sebelum berbicara.

5. MEMBERI APRESIASI

Les Giblin mengatakan, secara alamiah tiap orang sepuluh ribu kali lebih tertarik pada dirinya sendiri dari pada orang lain. Sebagai komunikator yang baik kita dapat memilih topik yang menarik untuk dibicarakan. Dengan memberikan apresiasi dan perhatian seputar keadaan pendengar, kita dapat menarik simpati dan atensi mereka lebih baik.

Tidak ada komentar: